Sengketa Pilgub Masuk Pembuktian

Sengketa Pilgub Masuk Pembuktian

TERNATE – Mahkamah Konstitusi (MK) akan menggelar sidang sengketa Pilgub Maluku Utara hari ini dengan agenda pembuktian. Dalam sidang ini, KPU Maluku Utara dan pasangan calon Abdul Gani Kasuba-Al Yasin Ali akan menyiapkan saksi ahli untuk dihadirkan guna memberikan keterangan dalam sidang Perselisihan Hasil Penghitungan (PHP).

Divisi Hukum KPU Malut Buchari Mahmud mengatakan, KPU sudah menyiapkan saksi, karena siding hari ini adalah agenda pembuktian. Sesuai permintaan MK, KPU menyiapkan saksi-saksi terkait dalam dalil yang diajukan pemohon.

“Yang jelas KPU Malut sudah siapkan saksi untuk memberikan keterangan di MK. Saksi yang dihadirkan sebanyak tujuh orang terdiri dari beberapa daerah,” kata Buchari, Minggu (19/8).

Menurutnya, tujuh saksi yang dihadirkan diantaranya, Kabupaten Pulau Taliabu dua orang, Kepulauan Sula satu orang, Halmahera Utara dua orang, Pulau Morotai satu orang dan Kota Ternate satu orang.

“Kita belum menghadirkan saksi ahli. Yang hadir pada persidangan ini saya sendiri dan Pak Kasman, kuasa hukum KPU Malut ditambahkan tujuh saksi yang kita datangkan di lima kabupaten/kota,” ungkapnya.

Sementara ketua tim AGK-YA, Asrul Rasyid Ichsan mengatakan dalam siding ini, tim  AGK-YA  telah menyiapkan semua saksi dan bukti-bukti yang akan diajukan ke MK.

“Kami sudah siapkan semua saksi untuk memberikan keterangan di MK. Selain saksi, kita juga sudah mengumpulkan seluruh bukti-bukti untuk disampaikan ke MK,” katanya.

Selain KPU dan tim AGK-YA, Ketua Bawaslu Muksin Amrin mengatakan, Bawaslu siap memberikan keterangan jika nanti diminta majelis hakim.

“Dalam undangan MK, Bawaslu hanya menghadiri, jadi yang hadir nanti Divisi Hukum Bawaslu Aslan Hasan. Kalau MK meminta keterangan dari Bawaslu maka pak Aslan yang akan menjawab,” ujarnya. (jun)

Categories: Seputar Politik

About Author

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*