Ribuan SS Pilgub Malut di Halsel Rusak

Ribuan SS Pilgub Malut di Halsel Rusak

LABUHA – KPU Halmahera Selatan selesai menyortir surat suara Pilgub Maluku Utara 2018. Hasil penyortiran surat suara yang dilakukan sejak Jumat sampai Senin (4/6) kemarin, ribuan surat suara rusak. “Dari hasil sortir itu ditemukan 4.108 surat suara rusak,” kata Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Halmahera Selatan Darmin Hi. Hasim, Senin (4/6).

Darmin memaparkan, verifikasi surat suara agar sewaktu pencoblosan tidak ada masalah ini, rusak bermacam-macam. “Jadi ada yang robek, ada yang tidak simetris potongannya, ada yang kena bercak tinta, ada yang tidak ada gambarnya, ada yang gambarnya terbalik dan lain-lain,” ucap Darmin.

Penyortiran yang melibatkan 57 tenaga ini, jelas Darmin, tak hanya surat suara yang rusak. Namun, KPU Halmahera Selatan juga menemukan boks yang isinya kurang dari 651 surat suara. “Total surat suara yang rusak dan kekurangan itu 4.759,” ujarnya.

KPU Halmahera Selatan mendapat kiriman 75 boks surat suara, dengan rincian per boks berisi  2.000 surat suara. Sementara kebutuhan surat suara untuk Halmahera Selatan 144.753. Darmin menambahkan usai mensortir, KPU Halmahera Selatan sudah melakukan rekapitulasi dan melaporkan serta diserahkan ke KPU Provinsi Maluku Utara.

“Sehingga kekurangan yang dimintakan nanti ke provinsi sebagai pengganti adalah sejumlah 4.759,” ucapnya. Pihaknya, tambah dia, akan menunggu proses pengadaan selanjutnya dari provinsi untuk kekurangan surat suara dan perbaikan surat suara yang rusak.

“Kemudian nanti kami rencanakan proses seting dan packing itu setelah lebaran, jadi nanti H-5 itu semuanya sudah ada di PPK, H-3 sudah di PPS, dan H-1 sudah siap semuanya di TPS,” sambung Darmin, seraya menambahkan, surat suara yang selesai disortir kini telah disimpan di Aula SLB depan kantor KPU dan dijaga ketat oleh pihak kepolisian. (one)

Categories: Seputar Politik

About Author

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*