Ribuan PNS Pemprov Bolos Kerja

Ribuan PNS Pemprov Bolos Kerja

SOFIFI – Ribuan PNS di lingkungan Pemprov Malut membolos di hari pertama kerja setelah libur lebaran selama 9 hari. Hal itu membuat Plt gubernur geram dan mengancam akan menjatuhkan sanksi kepada ribuan anak buahnya itu. Bolosnya ribuan PNS itu membuat Plt Gubernur HM Natsir Thaib marah.

Sebab dari 7.000 lebih PNS yang bekerja di pemprov, hanya 40 orang saja yang masuk kerja. Sisanya sekitar 90,2% atau 6.000 lebih PNS tidak hadir dengan tidak memberi alasan. Padahal, para abdi negara ini telah mendapat masa libur lebaran selama 9 hari, yakni sejak 11 hingga 21 Juni.

Menurut Natsir, hari pertama masuk kerja hanya beberapa pimpinan SKPD, sedangkan pegawainya tidak masuk kerja karena masih menambah waktu libur. Yang hadir hanya Sekprov dan beberapa OPD, yakni Kaban Bappeda, Kaban Balitbang, Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Anak dan Kadis Perizinan.

“Ada sekitar 90 lebih persen PNS yang mangkir di hari pertama masuk kerja ini. Kita akan lihat yang 90 persen lebih ini apakah mengikuti mekanisme yang benar, seperti sudah mengajukan cuti dan lain sebagainya,” kata Natsir kepada wartawan, Kamis (21/6).

Natsir yang geram dengan tidak hadirnya ribuan PNS itu mengancam akan menjatuhkan sanksi. Namun demikian, pihaknya akan lebih dahulu melakukan evaluasi melalui Asisten 1,2, dan 3 yang membawahi OPD untuk memastikan adanya pelanggaran berupa kesengajaan membolos.

“Jika ada unsur kesengajaan, kita beri sanksi. Sebab mereka mendapatkan tunjangan maka di hari pertama pascalibur lebarah harus ruangnya terisi supaya bisa melakukan pelayanan adminitrasi yang belum diselesaikan. Kami akan evaluasi melalui setiap asisten, tapi nanti gubernur baru (AGK) sudah kembali melakukan aktifitas setelah cuti kampanye baru bisa melakukan evaluasi,” tandasnya.

Diakui Natsir, penyebab utama yang membuat PNS tidak berkantor lantaran kurangnya perhatian dari pimpinan, begitu juga banyak janji yang belum ditepati. “Saya sendiri mencatat janji. Saya catat semuanya yang belum sepenuhnya ditepati oleh pimpinan,” aku Natsir. (fab)

Categories: Berita Utama

About Author

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*