Pulau Hiri Dideklarasikan sebagai Pulau Layak Anak

Pulau Hiri Dideklarasikan sebagai Pulau Layak Anak

TERNATE – Jika selama ini sudah ada kota dan desa layak anak. Kali ini untuk pertama kalinya adalah pulau layak anak di Indonesia. Pulau Layak Anak pertama kalinya di Indonesia di deklarasikan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Susana Yembise di Pulau Hiri, Kota Ternate, Sabtu (25/8/2018).

Deklarasi dihadiri Walikota Ternate, H. Burhan Abdurahman, Forkopimda Kota Ternate, Kepala Bank Indonesia Cabang Ternate, Dwi Tugas Waluyanto serta masyarakat para tokoh adat, pemuda dan agama setempat.

“Pencanangan Pulau Layak Anak merupakan yang pertama kali di Indonesia. Ini merupakan sebuah momentum bagi Kota Ternate untuk dapat memotivasi kabupaten/kota lain di Maluku Utara untuk melakukan hal yang sama,” ujar Menteri Yohana dalam sambutannya pada acara Deklarasi Pulau Hiri menuju Pulau Layak Anak, Pulau Hiri, Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara.

Deputi Bidang Tumbuh Kembang Anak (TKA), Lenny N Rosalin menambahkan, untuk menjadi daerah layak anak tidaklah mudah karena setiap kabupaten/kota harus memenuhi 24 indikator pemenuhan hak dan perlindungan anak.

Secara garis besar tercermin dalam 5 klaster hak anak, yakni Hak sipil dan kebebasan; Lingkungan Keluarga dan Pengasuhan Alternatif; Kesehatan Dasar dan Kesejahteraan;  Pendidikan, Pemanfaatan Waktu Luang dan Kegiatan Budaya; dan Perlindungan Khusus bagi 15 kategori anak.

“Selain itu, peran semua pihak mulai dari pemerintah, pemprov, dan pemerintah kabupaten/kota, aparat penegak hukum, lembaga swadaya masyarakat, tokoh agama dan masyarakat, akademisi, media massa, dunia usaha dan seluruh warga masyarakat akan berdampak besar bagi keberhasilan pemenuhan hak dan perlindungan anak di Indonesia,” ujarnya.

Sementara Walikota Ternate Burhan Abdurahman menuturkan bahwa untuk mencapai predikat sebagai Pulau Layak Anak dibutuhkan kerja keras dan bukan hal yang mudah, namun Pemkot Ternate telah berkomitmen untuk mewujudkan hal tersebut.

“Harapannya Kemen PPPA melalui Ibu Menteri dapat memberikan dukungan dan bimbingan kepada kami untuk mensinergikan langkah dalam percepatan Pulau Hiri sebagai Pulau Layak Anak,” tambah Burhan.

Usai deklarasi, Menteri Yohana di dampingi Walikota Ternate, Burhan Abdurahman dan Deputi TKA, Lenny N Rosalin beserta jajaran berkesempatan mengunjungi beberapa stand kerajinan hasil olahan ikan dari Ibu-ibu Pulau Hiri, Mengunjungi BI Corner Pulau Hiri serta mengunjungi kegiatan menggambar mural bersama Forum Anak. (kpc)

Categories: Berita Utama

About Author

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*