PLN Bangun PLTD 3×200 kW di Pesisir Halsel

PLN Bangun PLTD 3×200 kW di Pesisir Halsel

TERNATE–PLN terus berupaya mewujudkan Maluku-Maluku Utara Terang 2020. Salah satunya melalui program pembangunan infrastrukur ketenagalistrikan untuk pulau-pulau terluar hingga desa dan kecamatan yang belum berlistrik.

Salah satunya, Kecamatan Gane Timur yang terletak di pesisir Kabupaten Halmahera Selatan. Di Desa Gane Luar, Kecamatan Gane Timur, PLN tengah bersiap membangun PLTD berkapasitas 3 x 200 kW.

Rencananya, pembangunan PLTD akan rampung dan beroperasi secara komersial (Commercial Operation Date/COD) di tahun 2018 guna melistriki 700 calon pelanggan PLN di desa tersebut. PLTD tersebut dibangun di atas 1 hektar lahan.

Akses menuju lokasi menjadi salah satu tantangan PLN dalam pengiriman material penunjang pembangunan PLTD Gane Luar. Mobilisasi material harus melalui jalur laut dan darat yang cukup jauh.

Jalan yang masih belum beraspal ini juga menjadi perhatian saat pengiriman material. Apalagi saat turunnya hujan yang menyebabkan jalan licin untuk dilewati.

“Akhir September lalu kami sudah turun langsung ke lapangan guna mengecek lahan PLTD. Meskipun medan yang dilalui cukup berat, kami yakin dapat segera menerangi Kecamatan Gane Timur hingga seluruh pulau yang ada di Provinsi Maluku Utara,” ujar Manajer PLN Area Ternate Awat Tuhuloula, Rabu (4/10).

Sementara itu, Camat Gane Timur Malik Marsaoly siap membantu upaya yang dilakukan PLN. “Kami sangat berterima kasih atas rencana PLN yang akan segera melistriki Kecamatan Timur, kami siap mendukung pekerjaan yang dilakukan PLN,” kata Malik.

Hingga saat ini PLN telah melistriki 882 desa dari 1.199 desa atau 90 kecamatan dari 115 kecamatan di Provinsi Maluku Utara. Saat ini, rasio elektrifikasi (RE) PLN di Maluku Utara mencapai 77,99 persen. Angka itu melebihi target 2017 sebesar 77,41 persen. (mtg)

Categories: Berita Utama, Teknologi

About Author

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*