Persediaan Darah PMI Ternate Menipis

Persediaan Darah PMI Ternate Menipis

TERNATE – Persediaan darah sedang menipis di PMI selama bulan puasa. Berdasar data di PMI Maluku Utara, saat ini stok darah untuk golongan A dan AB di RSUD Chasan Boesoerie Ternate hanya ada 100 kantong. Seharusnya stok darah diatas 300 kantong untuk kebutuhan satu bulan. Artinya, jumlah stok saat ini termasuk minim atau menipis.

“Kami sampaikan keepada keluarga pasien yang membutuhkan darah saat menjalani operasi sebaiknya membawa keluarga sesuai darah yang dibutuhkan untuk didonorkan, karena stok saat ini menipis,” kata Koordinator Pencari Pelestarian Donor Darah Sukarela, Unit Donor Darah PMI Malut Sunita U Gani, Minggu (10/6).

Menurutnya, saat ini pasien yang dirawat di RSUD CB yang membutuhkan darah diimbau untuk membawa pasien yang memiliki golongan darah yang sama, kecuali untuk golongan darah A masih tersedia di unit donor darah. Sebab selama ramadan menipis dan tersisa 100 kantong, seharusnya minimal di atas 300 kantong darah untuk kebutuhan selama sebulan.

Persediaan darah tersebut hanya diberikan kepada pasien yang emergency sedangkan yang tidak emergency disarankan untuk membawa pendonor pengganti dari keluarga pasien. Sunita mengatakan, persediaan darah tersebut merupakan hasil donor sebelum ramadan dari sejumlah instansi di Maluku Utara.

Ia mengatakan setiap ramadan memang persediaan darah di PMI selalu terbatas karena masyarakat khususnya umat Muslim tidak mau mendonorkan darahnya karena sedang melaksanakan ibadah puasa. Bahkan, PMI mengantisipasi hal tersebut dengan mengupayakan donor darah sebelum ramadan. PMI bekerja sama dengan sejumlah pihak.

Namun, karena adanya permintaan darah dari RSUD CB dan sejumlah RSUD lainnya di Ternate, maka stok tersebut terus berkurang dan saat ini tersisa 70 kantong. “Kami juga berharap agar usai Ramadan nanti, permintaan darah dari RSUD CB tidak banyak, sehingga stok darah yang ada di PMI itu bisa mencukupi untuk memenuhi kebutuhan stok darah bagi pasien lainnya,” kata Sunita.

Upaya lain yang dilakukan PMI untuk mengatasi menipisnya stok darah tersebut adalah mendorong keluarga pasien yang membutuhkan darah untuk mendatangkan donor darah pengganti dari keluarga pasien. (tjc)

Categories: Kesehatan

About Author

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*