Pengecer BBM di Ternate Belum Terdata

Pengecer BBM di Ternate Belum Terdata

TERNATE – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Ternate belum mendata seluruh pedagang pengecer Bahan Bakar Minyak (BBM) yang menjamur di daerah ini. Adapun pendataan siap dilakukan dengan harapan menekan sejumlah risiko yang berpotensi timbul.

“Jika pengecer ini tidak mengantongi izin dari pemkot setempat maka akan ditertibkan,” kata Kepala Disperindag Kota Ternate Nuryadin Rachman, Senin (25/12). Menurutnya, berdasarkan hasil pertemuan yang dilakukan beberapa hari yang lalu, saat ini langkah berikutnya dilakukan pendataan.

Dia manyatakan, pendataan membutuhkan waktu yang sedikit lama karena dalam pendataan harus dipisahkan antara pedagang pengecer dan penjualan sembako.

Nuryadin mengaku jika pendataan ini sudah selesai akan diadakan pertemuan lagi sehingga dalam pertemuan ketiga ini baru diterapkan kebijakan melalui holding company yakni sudah dibangun agen premium dan minyak solar atau APMS sebagai alternatif agar para pengecer jangan lagi mengambil kebutuhannya melalui SPBU.

“Maka pemerintah melalui holding company membuat APMS, namun APMS belum mencukupi atau belum bisa mencukupi permintaan BBM di pengecer,” tuturnya. Dia menilai banyak perhitungan yang dilakukan dalam mengambil kebijakan penertiban para pengecer tersebut dan masih membutuhkan penataan yang lebih matang agar tidak terjadi gesekan antara aturan dan pengusaha tersebut.

“Sudah seharusnya sistem diterapkan namun karena mayoritas para pedagang yang berjualan ini juga kebutuhan ekonominya tergantung pada penjualan mereka, maka dibutuhkan penataan lebih baik agar nanti ketika diterapkan mereka juga sudah siap dengan kebijakan yang nantinya diterapkan,” pungkasnya. (nod)

About Author

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*