Pemprov Tak Ada Dana Untuk Hewan Qurban

Pemprov Tak Ada Dana Untuk Hewan Qurban

SOFIFI – Pemerintah Provinsi Maluku Utara pada Idul Adha tahun ini tidak mengalokasikan anggaran bantuan hewan qurban kepada masyarakat, padahal tahun-tahun sebelumnya selalu ada. Alasannya, tidak dianggarkan dalam APBD 2018.

“Pada lebaran Idul Adha tahun ini pemprov tidak mengalokasikan bantuan hewan qurban kepada masyarakat, karena tidak dianggarkan dalam APBD induk 2018,” kata Kepala Biro Kesra Setdaprov Malut Ibrahim Saraha, Rabu (15/8).

Menurutnya pemprov sebenarnya tetap mengalokasikan bantuan hewan qurban kepada masyarakat pada Hari Raya Idul Adha tahun ini dengan memasukan anggarannya pada APBD Perubahan 2018, tetapi sulit untuk direalisasikan karena DPRD belum membahas.

Dikatakan, walaupun secara kelembagaan pemprov tidak menyiapkan hewan qurban untuk dibagikan kepada masyarakat, namun para pejabat di lingkup pemprov tetap akan membagikan hewan qurban, baik secara pribadi maupun masing-masing OPD.

Sebagai gantinya tidak ada penyaluran bantuan hewan qurban kepada masyarakat pada Idul Adha tahun ini, pemprov akan mengupayakan memberangkatkan 100 orang untuk melaksanakan umroh ke Tanah Suci yang anggarannya akan dimasukan dalam APBD perubahan 2018.

Ibrahim mengharapkan agar DPRD menyetujui APBD perubahan untuk umroh bagi 100 orang dari berbagai elemen masyarakat, karena sudah menjadi janji pemprov kepada masyarakat.

Sementara sejumlah pengurus masjid di Ternate menyanyangkan tidak ada bantuan hewan qurban dari pemprov, karena bantuan itu sangat diharapkan untuk dibagikan kepada masyarakat kurang mampu.

“Tahun lalu kita mendapat bantuan hewan qurban  sapi dari pemprov sebanyak dua ekor dan tahun ini kami mengajukannya ke pemprov, tetapi tidak ada, kami hanya berharap dari masyarakat,” ujar seorang pengurus Masjid di Ternate, Abdul Kadir. (fab)

Categories: Berita Pilihan

About Author

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*