Pansus Interplasi Panggil Bupati Sula

Pansus Interplasi Panggil Bupati Sula

SANANA – Panitia Khusus (Pansus) hak interplasi DPRD, Kabupaten Kepulauan Sula akan memanggil Bupati Hendrata Thes untuk dimintai keterangan terkait sejumlah permasalahan. Pansus yang diketuai Mahyudin Fokatea ini akan segera memanggil bupati.

Ketua DPRD Kepulauan Sula Ismail Karie mengtakan, bupati diinterplasi DPRD karena dinilai melanggar sumpah janji jabatan. Salah satunya  melakukan roling jabatan pimpinan SKPD, bahkan dalam roling SKPD bupati telah ditegur dan diperintahkan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) membatalkan surat keputusan roling. Namun tidak diindahkan.

Selain roling SKPD, bupati juga dinilai tidak menjalankan pemerintahan dengan baik, sebab ada beberapa kebijakan Bupati yang dinilai menabrak perundang-undangan.

“Bupati bukan hanya mengabaikan rekomendasi KASN, namun beberapa kebijakan yang diambil juga bertentangan dengan aturan. Salah satunya menjalankan APBD dengan menggunakan peraturan kepala daerah,” jelasnya.

Menurut Ismail, bupati harus mampu menjelaskan secara detail berbagai kebijakan yang selama ini diambil, jika tidak maka Bupati akan di impecmen DPRD. “Interplasi ini akan bermuara ke inpecmen, untuk itu bupati harus jelaskan secara detail terkait kebijakan yang telah diambil,” ujarnya. (sdl)

Categories: Seputar Politik

About Author

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*