MK Jadwalkan Sidang Pilgub Malut

MK Jadwalkan Sidang Pilgub Malut

TERNATE – Mahkamah Konstitusi (MK) menjadwalkan sidang lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan (PHP) Gubernur Maluku Utara 2018 untuk perkara Nomor 36/PHP.GUB-XVI/2018, akan dilaksanakan pada 20 Agustus mendatang. Sidang ini mengagendakan pengucapan keputusan.

Dikutip dari laman MK, Senin (13/8) menyebutkan, pembacaan putusan ini dilakukan setelah MK menggelar dua tahapan persidangan, yakni sidang pendahuluan dan sidang mendengarkan keterangan oleh KPU, Bawaslu, dan pihak terkait untuk permohonan pasangan Abdul Gani Kasuba-Al Yasin Ali.

MK akan mendegarkan keterangan saksi ahli pemohon, termohon, pihak terkait dan keterangan Kementrian Dalam Negeri (III). Hal ini juga diungkapkan oleh Ketua KPU Maluku Utara Syahrany Somadayo. Namun Syahrany mengaku tidak mengatahui apahak disimilasi atau dilanjutkan. “Kita tidak tahu apakah dismissal atau lanjut, kita tunggu saja,” ujarnya.

Diterangkan Syahrany, pihaknya sampai saat ini belum dapat pemberitahuan dari MK tapi mengetahuinya dari lama MK. Sementara jam sidang ditetapkan pukul 09.00 WIB. “Kita akan jalankan putusan MK, apapun hasilnya,” terang Syahrany.

Pada tanggal yang sama juga, apabila hakim konsitusi sudah memberikan keputusan, apakah perkara tersebut akan di-Dismissal Process atau akan masuk ke persidangan pokok perkara, maka para pihak akan dipanggil kembali dengan menggunakan surat panggilan sidang resmi yang akan disampaikan melalui KPU RI.

Hakim konstitusi dalam memutuskan putusan dismissal akan mempertimbangkan beberapa hal, seperti legal standing pemohon sebagai pasangan calon kepala daerah, permohonan diajukan paling lama 3 hari kerja sejak diumumkan hasil perolehan suara oleh KPU setempat.

Lalu, obyek sengketa mengenai perolehan suara, dan permohonan memenuhi ketentuan ambang batas selisih perolehan suara 0,5 sampai 2 persen sebagaimana diatur dalam Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Kepala Daerah (UU Pilkada). (jun)

Categories: Hukum, Seputar Politik

About Author

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*