Kisah Mahkota Keramat Sultan Bacan

Kisah Mahkota Keramat Sultan Bacan

LABUHA – Mahkota keramat ternyata tidak hanya dimiliki oleh Sultan Ternate saja. Saudaranya, Sultan Bacan juga punya mahkota serupa. Seperti apa cerita kesaktiannya? Setiap kesultanan di Bumi Moloku Kie Raha punya mahkota kebanggaan yang dikenakan oleh masing-masing sultan.

Mahkota ini dipakai pada momen-momen tertentu saja, seperti acara penobatan sultan, atau pun acara penting lainnya. Setiap mahkota sultan, punya kisahnya sendiri. Misalnya mahkota Sultan Ternate yang ternyata, rambut penghiasnya bisa ‘tumbuh’ panjang sendiri.

Setiap tahun acara ritual pemotongan rambut pun diadakan oleh Sang Sultan. Sultan Bacan juga mempunyai mahkota serupa dengan kisahnya tersendiri. Saat berkunjung ke Kedaton Sultan Bacan kemari, mendapat kisah ini, bahkan berkesempatan melihat langsung mahkota sakti milik Sultan Bacan.

Padahal di Kedaton Kesultanan Ternate mahkotanya disimpan rapat, tidak sembarang orang boleh melihat. Jadi ini adalah kesempatan sangat langka yang didapatkan.

Tufail Iskandar Alam, Juru Tulis / Sekretaris Kedaton Kesultanan Bacan mengungkapkan mahkota Sultan Bacan juga punya keistimewaan tersendiri. Bak topi seleksi di film ‘Harry Potter’, mahkota inilah yang akan memilih sendiri siapa yang akan menjadi sultan.

“Mahkota ini yang pilih sendiri. Kalau dia memang berhak, mahkota ini akan muat dipakai. Kalau tidak berhak, mahkota ini akan mengecil, sehingga tidak muat di kepala yang memakai,” terang Tufail.

Pak Tufail dkk. dan mahkota Sultan Bacan.

Bahkan, sesuatu hal buruk bisa menimpa orang yang mengaku-ngaku sebagai sultan. Hal buruk ini bisa berupa musibah, atau paling parah bisa berujung maut. Soal kebenaran hal ini, boleh percaya boleh tidak, semuanya dikembalikan kepada anda. Sampai saat ini, belum ada traveler yang berani untuk mencobanya.

Dari penampakannya, mahkota Sultan Bacan tampak indah dan berkilauan meski dilihat dari jarak jauh. Mahkota cantik ini dihiasi oleh banyak batu berharga. Dari mulai batu bacan sendiri, batu obi, dan juga batu lainnya. Soal nilai, sudah bisa dipastikan mahkota ini tidak bisa dihargai dengan mata uang rupiah. Nilainya terlampau tinggi.

Selain karena batu-batu berharga yang menghiasi, juga karena nilai historisnya karena sudah menjadi milik Kesultanan Bacan selama ratusan tahun lamanya. Karena kesakralannya, mahkota Sultan Bacan ini disimpan di dalam lemari di salah satu kamar Kesultanan Bacan. Kamar ini selalu terkunci rapat oleh juru kunci, kecuali sudah diizinkan untuk dibuka. Anda bisa melancong ke Pulau Bacan di Halmahera Selatan kalau penasaran. (rdx)

Categories: Berita Pilihan, Wisata

About Author

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*