Kemana Anggota DPRD di HUT Halsel?

Kemana Anggota DPRD di HUT Halsel?

LABUHA – Puncak peringatan HUT ke-15 Kabupaten Halmahera Selatan dirayakan dengan upacara pada Sabtu (9/6) lalu. Mulai Bupati Bahrain Kasuba, Wabup Iswan Hajim, pejabat dan warga tumplek blek di Lapangan Asombang, Labuha Bacan. Sayang di kursi undangan, tidak tampak Ketua DPRD Halsel Umar Hi. Soleman dan 29 anggotanya tidak hadir. Ada apa?

Deretan kursi  bagian paling depan atau VIP undangan terlihat kosong menyusul tidak hadirnya seluruh anggota DPRD pada peringatan hari bersejarah tersebut. Padahal ke-30 anggota wakil rakyat tersebut diundang secara resmi untuk mengikuti upacara puncak peringatan HUT ke-15 kabupaten.

Ketidakhadiran Ketua DPRD Umar Hi. Soleman dipertanyakan, karena politisi Golkar ini seharusnya didaulat salah satu petugas upacara yakni pembaca sejarah kabupaten Halsel. Karena tidak hadir, posisinya terpaksa digantikan oleh Kepala Bapelitbangda Daud Djubedy.

Padahal seluruh Forpimda seperti Kapolre, Kajari dan Ketua Pengadilan Negeri Labuhadan hari bersejarah bagi Kabupaten Halsel.

Data yang dikumpulkan koran ini, tiga unsur pimpinan DPRD, Ketua DPRD Umar Hi. Soleman (Golkar), Wakil Ketua Asnawi Latalante (PKS), Wakil Ketua Muhlis Jafar (Nasdem) dan 27 anggotanya sedang melakukan kunjungan kerja ke Jakarta.

Bupati Bahran Kasuba mengaku tidak tahu menahu 30 anggota dewan yang tidak hadir di upacara. “Bagi saya ini hari bersejarah. Apalagi saya sebagai warga asli Halsel. Tetapi ternyata tak satu pun hadir. Sungguh ini kondisi yang memprihatinkan, sangat disayangkan, saya kecewa karena mereka tidak hadir,  tapi tidak apalah,” ujar Bahrain usai memimpin upacara peringatan HUT kabupaten.

Sejumlah kalangan menyayangkan ketidakhadiran para anggota dewan tersebut. Sebab mereka adalah tokoh-tokoh penting di daerah yang seharusnya memberikan teladan kepada masyarakat terutama generasi muda. Sebagai anggota dewan seharusnya malu dengan pelajar yang rela datang pagi-pagi mengikuti upacara.

“Para pelajar harus rela berjemur di panas matahari hingga upacara selasai. Sementara anggota dewan sudah disiapkan tempat khusus malah tidak hadir,” sesal Khalik, Ketua Forum Kota Halsel. (one)

About Author

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*