Inilah Nomor Urut Pasangan Cagub Malut

Inilah Nomor Urut Pasangan Cagub Malut

SOFIFI – Pengundian nomor urut empat pasangan calon (paslon) di Pilkada Maluku Utara dibuka Komisi Pemilihan Umum (KPU). Empat paslon resmi mendapatkan nomor urut. Ratusan pendukung masing-masing paslon turut memeriahkan suasana di lokasi.

“Pengundian nomor urut pasangan calon secara resmi saya buka,” kata Ketua KPU Malut Syahrani Somadayo disambut riuh ratusan simpatisan yang memadati Kantor KPU, Selasa (13/2).

Ia mengatakan proses pengundian nomor urut ini diawali dengan pengambilan nomor antrean. Pengambilan nomor antrean dilakukan secara bergantian sesuai dengan urutan pendaftaran ke KPU Malut beberapa waktu lalu.

“Pengambilan nomor antrean sesuai dengan urutan pendaftaran ke KPU kemarin,” jelas dia. Syaharni mengatakan, nomor urut yang sudah diambil oleh cagub-cawagub berfungsi sebagai nomor resmi pada saat pencoblosan pada tanggal 27 Juni mendatang.

“Ini nomor resmi, nama resmi dan foto resmi untuk seterusnya dipakai hingga hari pemilihan. Keputusan hari ini bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat,” katanya.

Dia menerangkan, beberapa proses telah dilalui keempat paslon tersebut sehingga tugas selanjutnya yaitu melaksanakan kampanye sesuai nomor urut untuk menggaet dukungan masyarakat.

“Jika di ibaratkan pertandingan, empat paslon ini dinyatakan telah lolos kualifikasi dan sebentar lagi akan bertanding merebut simpati masyarakat melalui kampanye,” terangnya.

Pantauan, berbagai rangkaian kegiatan di lokasi berlangsung meriah karena kehadiran para pendukung masing-masing paslon. Pengundian dilakukan, para paslon akhirnya mendapatkan nomor urut. Masing-masing paslon diberikan kesempatan untuk memilih kotak yang di dalamnya berisi nomor urut.

Paslon Burhan Abdurahman-Ishak Jamaluddin (Bur-Jadi) mendapat kesempatan pertama maju ke depan untuk memilih kota nomor antrean.  Pasangan yang diusung enam parpol yaitu Hanura, Nasdem, Demokrat, PKB dan PBB ini mendapatkan nomor urut satu.

Pengundian nomor antrean kemudian dilanjutkan pasangan Aham Hidayat Mus-Rivai Umar (AHM-Rivai). Pasangan yang diusung Partai Golkar dan PPP ini mendapatkan nomor urut satu.

Kemudian dilanjutkan pasangan Muhammad Kasuba-Majid Husen (MK-Majhu). Pasangan yang diusung PKS, Gerindra dan PAN tersebut mendapatkan nomor urut empat, sedangkan pasangan Abdul Gani Kasuba-Al Yasin (AGK-YA), yang diusung PDIP dan PKPI ini mendapatkan nomor urut tiga. (jun)

About Author

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*