Ini 30 Nama Bawaslu Kabupaten/Kota

Ini 30 Nama Bawaslu Kabupaten/Kota

JAKARTA – Beberapa waktu lalu dibuka lowongan calon anggota Bawaslu tingkat kabupaten/kota di Maluku Utara. Setelah dilakukan seleksi beberapa tahap seleksi penerimaan, Bawaslu RI akhirnya mengumumkan 30 nama peserta terpilih calon Bawaslu 10 kabupaten/kota se Maluku Utara masa jabatan 2018-2023.

Pengumuman itu berdasarkan surat keputusan Bawaslu RI nomor: 0621/BAWASLU/SJ/HK.01.00/VIII/2018 bertanggal 11 Agustus 2018. Berdasarkan berita acara tentang penetapan calon terpilih anggota Bawaslu kabupaten/kota nomor: 0611/K.BAWASLU/HK.01.00/VIII/2018 sebanyak 17 provinsi seluruh Indonesia telah diumumkan.

Ada 30 nama anggota Bawaslu 10 kabupaten/kota terpilih untuk Kabupaten Halmahera Barat sebanyak tiga orang, yakni Alwi Ahmad, Aksonius Datang dan Muhammadun Hi Adam, Kabupaten Halmahera Tengah yaitu Sitti Hasmah Bt. Mohd. Amin, Munawar Wahid dan Husnu Husen, Kabupaten Halmahera Utara, Iksan Hamiru, Rafi Kamaludin dan Ahmad Idris.

Kemudian, Kabupaten Halmahera Selatan, Asman Jamil, Rais Kahar dan Kahar Yasim, Kabupaten Halmahera Timur, Kartini Abdullah, Suratman Kadir dan Basri Suaib, Kabupaten Kepulauan Sula, Ajun Umasugi, Iwan Duwila dan Risman Buamona, Kabupaten Pulau Taliabu, Adidas Latea, Mohtar Tidore dan Liliana.

Lalu, Kabupaten Pulau Morotai, Mujarat Hi Untung, Seni Soamole dan Zulkifli Thaib, Kota Ternate, Kifli Sahlan, Sulfi Majid dan Rusly Saraha, dan Kota Tidore Kepulauan, Iriyani Abd. Kader, Amru Arfa dan Bahrudin Tosofu.

Komisioner Bawalu Maluku Utara Aslan Hasan memberanrkan Bawaslu RI telah mengumumkan 30 nama terpilih calon anggota Bawaslu kabupaten/kota. Menurutnya Bawaslu provinsi hanya bersifat mengusulkan ke Bawaslu RI, penentuan siapapun yang terpilih merupakan keputusan mutlak dari Bawaslu RI.

“Kita sifanya menyerahkan semua hasil FPT yang kita lakukan, dan menentukan siapa yang terpilih itu semua ada di Bawaslu RI. Sudah ada pengumuman resmi dari Bawaslu RI,” ujarnya, Senin (13/8).

Setelah pengumuman ini mereka yang terpilih akan dilantik di Jakarta secara serentak oleh Bawaslu RI bersama dengan anggota Bawaslu kabupaten/kota lain se Indonesia. Sementara jadwalkan pelantikan diagendakan Rabu (16/8) besok.

Ia menjelaskan, dengan terpilihnya 30 nama tersebut maka Panwaslu tingkat kabupaten/kota di Maluku Utara telah berubah menjadi Bawaslu. Perubahan semenjak ada perubahan peraturan yang mengacu pada Undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang pemilihan umum.

“Adanya perubahan aturan tapi tidak menambah personel kelembagaan. Namanya bukan lagi Panwaslu tetapi Bawaslu, dan untuk komisioner tetap tiga orang,” pungkasnya. (jun)

Categories: Seputar Politik

About Author

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*