Gubernur Pimpin HUT Bhayangkara ke-72

Gubernur Pimpin HUT Bhayangkara ke-72

TERNATE – Polda Malut menggelar upacara dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-72. Upacara berlangsung di halaman Mapolda Malut, Rabu (11/7). HUT Bhayangkara ke-72 yang bertemakan : Dengan Semangat Promoter Polri Siap Mengamankan Agenda Kamtibmas Tahun 2018 dan 2019 ini dipimpin langsung Gubernur Abdul Gani Kasuba.

Dalam upacara tersebut, gupati yang bertindak sebagai Inspektur Upacara membacakan amanat Presiden Indonesia Joko Widodo. Dalam amanatnya, Jokowi menyebutkan Polri telah banyak berperan memberikan sumbangsih dalam upaya pemeliharaan keamanan, ketertiban masyarakat dan penegakan hukum.

“Presiden sangat mengapresiasi atas keberhasilan Polri dalam penegakan hukum seperti penanganan terorisme, pemberantasan penyalahgunaan narkoba, pengungkapan kasus yang menjadi perhatian publik serta mengamankan berbagai agenda baik yang bersifat Nasional maupun Internasional,” kata gubernur menyampaikan.

Sementara itu, amanat Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian yang dibacakan Kapolda Brigjen Naufal Yahya menegaskan, sebagai tindaklanjut program reformasi internal yang telah dilaksanakan sebelumnya. Antara lain, program promoter dibangun melalui pendekatan profesionalisme dan modernisasi guna meraih kepercayaan publik.

Program promoter difokuskan pada tiga kebijakan utama yang sederhana yaitu peningkatan kinerja, perbaikan kultur dan manajemen media.  Peningkatan kinerja menurut Kapolri, diwujudkan melalui peningkatan kualitas pelayanan publik secara profesionalisme dalam penegakan hukum, dan pemeliharaan stabilitas kamtibmas secara optimal.

Sementara perbaikan kultur diwujudkan dengan menekan budaya koruptif, menghilangkan arogansi kekuasaan, menekan empat kekerasan eksesif dan manajemen media dilaksanakan pada media konvensional dan media sosial dengan mengangkat prestasi-prestasi Polri dan menetralisir berita negatif, termasuk hoax.

Terlepas dari berbagai capaian prestasi, Kapolri menekankan  masih banyak kelemahan di tubuh Polri, dan kedepannya Polri berkomitmen untuk terus melaksanakan perbaikan agar kepercayaan masyarakat dapat terjaga dan terus meningkat, karena Polri merupakan milik seluruh rakyat sekaligus sebagai aset bangsa Indonesia.

“Beberapa agenda Nasional yang akan menjadi fokus Polri kedepan antara lain pemeliharaan situasi kamtibmas pascapilkada 27 Juni, penyelenggaraan Asian Games 2018 di 4 provinsi dan IMF-World Bank Annual Meeting 2018 di Bali, serta tahapan Pilpres dan Pileg 2019,” jelas dalam amatan Kapolri. (san)

Categories: Hukum

About Author

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*