Gubernur Kembalikan Aset Pemprov

Gubernur Kembalikan Aset Pemprov

SOFIFI – Gubernur Abdul Gani Kasuba mengembalikan seluruh aset negara sebelum cuti kampanye. Aset tersebut diberikan kepada Kepala Biro Umum dan Perlengkapan Setda Provinsi Maluku Utara Darwis Pua, Selasa (13/2). Penyerahan aset tersebut berlangsung di rumah dinas gubernur di Kelurahan Kalumpang, Kecamatan Ternate Tengah.

Gani akan cuti kampanye pada tanggal 15 Februari 2018. Dia akan bertarung di Pilkada Maluku Utara menggandeng Al Yasin Ali. Menurut Gani, sebelum cuti kampanye, dirinya wajib mengembalikan barang-barang milik negara yang ia pakai selama menjabat gubernur.

“Saya mau cuti, selama saya cuti di luar tanggungan negara, jadi seluruh aset negara harus saya kembalikan. Baik mobil maupun rumah dinas,” ujarnya pada saat menyerahkan aset daerah secara resmi.

Mobil dinas itu telah digunakan oleh Gani selama 5 tahun atau satu periode masa jabatannya, begitupun rumah dinas di Ternate dan Sofifi. “Selama ini memang saya tinggal di rumah dinas, jadi barang-barang yang ada tidak berpindah tempat,” katanya.

Dia mengaku sebelum pengembalian seluruh aset negera ke pemprov yang ia gunakan tersebut, dirinya memerintahkan Kepala Biro Umum untuk melakukan pendataan, sehingga tidak disalahgunakan.

“Setelah saya keluar dari sini (rumah dinas) tidak ada barang milik negara yang saya bawa, baik itu tempat tidur maupun aset lainya. Saya hanya bawa aset yang memang itu milik pribadi saya,” ucapnya.

Sementara itu tanggung jawab pemerintahan provinsi akan diambil alih Wabup HM Nastri Thaib. “Cuti saya mulai 15 Februari-22 Juni 2018, setelah itu saya sudah aktif lagi,” tuturnya. (fab)

About Author

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*