Dinkes Morotai Musnahkan Obat Kadaluarsa

Dinkes Morotai Musnahkan Obat Kadaluarsa

MOROTAI – Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kabupaten Pulau Morotai melakukan pemusnahan obat kadaluarsa pada Sabtu (14/4). Turut serta disaksikan oleh Polres Pulau Morotai.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pulau Morotai Vikcor Palimbong menyampaikan bahwa pemusnahan obat-obat tersebut merupakan persediaan 2 tahun lalu. Pemusnahan sendiri dengan cara di bakar di tempat pembuangan akhir (TPA).

Pemusnahan ini juga untuk penghapusan sediaan farmasi yang dilakukan dalam rangka kegiatan pembebasan barang milik atau kekayaan Negara dari tanggungjawab, berdasarkan peraturan perundangan yang berlaku.

Dalam hal ini dilakukan untuk menghindari penyalahgunaan sediaan farmasi yang sudah rusak atau kedaluwarsa, serta menghindari biaya penyimpanan dan pengotoran lingkungan.

Dalam penanganan obat kedaluwarsa ini, sebelumnya telah memisahkanya di tempat khusus agar tidak tercampur dengan obat lain, dilakukan pencatatan dan daftar inventarisasi, kemudian dibuatkan berita acara pemusnahan.

Kegiatan pemusnahan ini juga akan di sampaikan laporannya ke Menteri Kesehatan bagi obet yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara. (wis)

Categories: Kesehatan

About Author

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*