Desa di Halsel yang Dihuni 15 KK Ini Dialiri Listrik

Desa di Halsel yang Dihuni 15 KK Ini Dialiri Listrik

TERNATE – Awal Maret 2018 menjadi momentum menggembirakan bagi masyarakat Desa Goji di Kecamatan Bacan Timur, Kabupaten Halmahera Selatan. Desa yang hanya dihuni 15 Kepala Keluarga (KK) itu akan dialiri listrik.

Hal ini merupaan bagian dari program Maluku dan Maluku Utara Terang 2018 yang juga merupakan bagian dari program Listrik Desa (LISSA).

PLN tengah membangun 3 (tiga) buah Trafo Sisipan berkapasitas 50 kVA serta Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sepanjang 200 meter.

Listrik di Desa Goji sendiri dipasok melalui PLTD Bacan yang terletak di Desa Tomori dengan jarak 27 km melewati hutan-hutan yang ada di Pulau Bacan.

Jarak yang ditempuh untuk menuju Desa Goji kurang lebih 2 jam dengan jalur darat. Jalan yang dilalui pun tidak mulus, di mana masih berupa tanah merah dan kerikil karena jalan yang baru dibuat. Sebagian jalan juga masih berupa aliran sungai yang deras.

Tidak jarang, truk maupun mobil pengangkut material untuk memasang jaringan listrik itu terperosok di jalan yang masih berupa tanah pascahujan.

General Manager PLN M2U Djoko Dwijatno menyampaikan, kondisi tersebut bukan hambatan besar meskipun di Desa Goji hanya terdapat 15 KK.

“Sesuai dengan komitmen Direksi PLN, bahwa melistriki desa di Maluku dan Maluku Utara, PLN tidak berbicara mengenai bisnis, melainkan bagaimana semua masyarakat dapat menikmati listrik,” ujar Djoko, Minggu (4/3).

Djoko juga menambahkan, hal ini sesuai dengan upaya PLN yang ingin seluruh desa di Maluku dan Maluku Utara pada tahun 2018 teraliri listrik sesuai dengan amanat pemerintah.

Total di tahun 2018 ini, PLN menargetkan aliran listrik di 290 desa di Maluku Utara, baik desa yang sedang dan sudah selesai tahap konstruksi jaringan listriknya maupun desa yang ditargetkan mulai dialiri listrik pada tahun 2018.

Salah satu tokoh masyarakat Desa Goji, Ilham Iskandaralam menyampaikan terima kasih.

“Kami sampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada PLN yang telah melistriki desa kami meskipun jumlah kami hanya sedikit. Semoga PLN semakin maju,” ujarnya.

Dengan masuknya aliran listrik di Desa Goji ini, diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat serta kegiatan perekonomian di desa tersebut dengan desa di sekitarnya. (kpc)

About Author

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*