Bupati Halsel Pastikan Copot Sekdanya

Bupati Halsel Pastikan Copot Sekdanya

LABUHA – Bupati Halmahera Selatan Bahrain Kasuba kembali menegaskan akan merombak kabinetnya dengan mengganti sejumlah pimpinan SKPD termasuk Sekda Helmi Surya Botutihe dan Kepala Inspektorat Slamet Riyadi. Penegasan itu disampaikan Bahrain usai menghadiri rapat paripurna penyampaikan laporan perhitungan pelaksanaan APBD 2017 di DPRD setempat pada Selasa (10/7) lalu.

Ia menegaskan perombakan pimpinan SKPD itu dilakukan sebagaimana pernah disampaikan sebelumnya bahwa usai Pilgub Malut akan melakukan evaluasi dan penyegaran pimpinan SKPD. Untuk posisi Sekda, pihaknya memastikan akan ditempati pejabat dari internal pemkab sebagai pelaksana tugas (Plt).

“Untuk mengangkat Plt (Sekda) itu dari internal pemkab, bukan dari luar,” tandasnya. Meski begitu, sejauh ini pihaknya belum mengambil langkah apapun terkait rencana pergantian Sekda dan juga Kepala Inspektorat.

Soal rumor yang berkembang bahwa keduanya (Sekda dan Kepala Inspektorat) telah mengajukan pengunduran diri dan kembali ke instansi asalnya yakni ke BPKP, bupati mengaku belum mendengar langsung dari keduanya.

Bahrain bilang, sebelumnya ia sudah mendengar informasi bahwa Kepala Inspektorat Slamet Riyadi bertemu Kepala BKD meminta petunjuk untuk mengundurkan diri dan kembali ke instansinya di BPKP.

“Sekda dan Kepala Inspektorat sampai saat ini saya belum ketemu tetapi rumor saja bahwa Inspektur pernah bertemu Kepala BKD meminta petunjuk mengundurkan diri atau kembali ke BPKP itu seperti apa? Itu yang saya dengar tapi dari saya sendiri belum lakukan apa-apa,” pungkasnya.

Ia juga belum mendapatkan konfirmasi bahwa dari BPKP akan menarik kembali Helmi Surya Botutihe dan Slamet Riyadi ke BPKP. “Tapi kalau pun nanti ada penarikan maka kita serahkan ke BPKP. Saya tetap setuju kalau ada pemerintaan untuk keduanya kembali ke BPKP,” tandasnya.

Sekda Halsel Helmi Surya Botutihe dikonfirmasi membantah rumor terkait pengunduran dirinya dari jabatan Sekda tersebut. Kepada koran ini, dirinya menegaskan bahwa tidak pernah mengajukan pengunduran diri. “Saya tidak pernah mengajukan pengunduran diri sebagai Sekda,” ujarnya singkat melalui WhasApp. Sebelumnya, dirinya mengaku pasrah jika nanti bupati akan menggantinya.

Menurutnya jabatan adalah amanah dari Allah SWT sehingga ketika dicabut maka harus diterima dengan ikhlas. “Jabatan adalah amanah jadi kalau Allah cabut ya harus diterima dengan ikhlas,”ujarnya. Sementara itu, Kepala Inspektorat Slamet Riyadi dikonfirmasi soal itu tidak ada tanggapannya. Pesan singkat melalui WhatshApp tidak ada jawaban.

Untuk pimpinan SKPD lainnya, beberapa hari belakangan ini sudah dilakukan pergantian, baik pejabat esalon II, III maupun esalon IV.  Data yang diperoleh koran ini, sejumlah pejabat yang diganti yakni Kepala Bappeda Daud Jubedi yang digeser menjadi staf Ahli,.

Sementara jabatan Kepala Bappeda ditempati Ramli yang sebelumnya menjabat Sekertaris Bappeda, Kepala BKD Abdillah Kamarullah digeser menjadi kepala Kantor Kearsipan dan Perpustakaan Daerah menggantikan Marten Puka-puka yang diangkat menjadi kepala BKD.

Sementara beberapa pejabat esalon III salah satunya Sekretaris Dinas PMD, Dahrun Kasuba diparkir di Sekteriat Korpri alias non job. Begitu juga ada beberapa peiabat esalon IV lainnya. Informasi yang diperoleh, pergantian pejabat masih akan berlangsung hingga beberapa hari kedepan. Para pejabat itu diangkat dan diberhentikan secara diam-diam melalui surat tugas. (one)

Categories: Seputar Daerah

About Author

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*