BI Gelar Pelatihan Wartawan Ekonomi

BI Gelar Pelatihan Wartawan Ekonomi

JAKARTA – Bank Indonesia (BI) Maluku Utara menggelar pelatihan wartawan ekonomi yang diikuti oleh 29 wartawan se-Maluku Utara di Hotel Grand Mercure Sabang Jalan H. Agus Salim Jakarta Pusat, Rabu (30/5). Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari.

BI memilih tema tentang Diseminasi Ekonomi Pelatihan Media Massa dan Gatering Kepada Wartawan Maluku Utara. Acara pelatihan ini sebagai bentuk komunikasi dengan wartawan. Juga untuk sharing informasi ekonomi dan kebijakan BI.

Kepala Tim Advisory dan Pengembagan Ekonomi BI Malut Deddy Adhiyatnya memaparkan, fungsi BI dan perkembangan ekonomi terkini terkait perkembangan ekonomi Malut serta komunikasi kebijakan BI. Menurutnya, peran media massa dalam mengontrol stabilitas keuangan, yakni peran ekspektasi dalam pemberitaan.

“Contohnya ekspestasi ketika terjadi inflasi, pers dapat memberitakan akan adanya kenaikan harga barang kemudian masyarakat membeli hingga habis, hal ini dapat berdampak pada kebijakan. Aritinya dengan pemberitaan itu justru menambah data kita sebelum membuat kebijakan,” ujar Deddy.

Dikatakan, tujuan BI merupakan tunggal sehingga mempunyai fungsi dan tanggungjawab mencari dan memelihara kestabilan rupiah. Selain itu ada juga sirkulasi inflasi menjadi penting di daerah, sehingga membutuhkan peran semua komponen.

“Disini kita lebih fokus pada TPID (tim pengendali inflasi daerah). Kita kontrol dinamika harga barang lewat sini, kita juga punya data pantauan harga,” pungkasnya. (nod)

Categories: Seputar Ekonomi

About Author

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*