Bawaslu dan KPU Siap Hadapi Gugatan

Bawaslu dan KPU Siap Hadapi Gugatan

TERNATE – Bawaslu dan KPU Maluku Utara menyatakan siap memberikan keterangan ke Mahkamah Konstitusi (MK) apabila  dimintai. Namun sejauh ini Bawaslu belum perisapkan materinya sebab hingga kini belum diketahui apakah hasil pemilihan gubernur dan wakil gubernur Malut akan berlanjut di MK atau tidak.

“Pada prinsipnya kita siap memberikan keterangan ke MK,” jelas Ketua Bawaslu Muksin Amrin  melalui pesan WhatsApp, Selasa (10/7).

Muksin mengatakan, Bawaslu bisa memberikan keterangan ke MK apabila diminta. Jika benar ada gugatan ke MK dan Bawaslu diundang, maka akan melalui Bawaslu RI. “MK bakal menyurat ke Bawaslu RI, barulah Bawaslu RI menyampaikan pada kita. Dari situ kita akan menyiapkan semua yang akan dibutuhkan,” jelasnya.

Sejauh ini katanya, belum ada tanda-tanda gugatan. “Kita bisa siapkan materi apabila sudah tahu apa isi gugatan pihak terkait ke MK. Pada prinsipnya, kita tetap siap memberikan keterangan. Yang jelas, sebagai penyelenggara pengawasan, akan memberikan keterangan sesuai dengan tupoksi kerjanya masing-masing,” papar Muksin.

Hal yang sama dikatakan  Ketua KPU Syahrani Sumadayo. Menurutnya KPU siap mempertanggung jawab apa yang sudah putuskan. “Kita siap mempertanggung jawabkankan apa yang sudah kita putuskan. Kalau ada gugatan di MK, maka kita tetap siap menghadapi,” katanya. (jun)

Categories: Seputar Politik

About Author

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*