Banyak Surat Suara Pilgub Malut Rusak

Banyak Surat Suara Pilgub Malut Rusak

TERNATE – Ketua KPU  Maluku Utara Syahrani Somadayo mengakui, banyak surat suara yang rusak atau tidak bisa dipakai akan diselesaikan. Menurutnya, hampir semua kabupaten dan kota memiliki surat suara yang rusak.

“Dalam waktu dekat kita akan selesaikan surat suara yang tidak bisa dipakai. Kita pastikan sebelum lebaran Idul Fitri,  sudah melaporkan ke percetakan,” kata Syahrani kepada wartawan, Senin (4/6).

Menurutnya, meski tidak semua kabupaten/kota surat suaranya rusak. Tetapi ada sebagian yang surat suara sejak dicetak tidak  rapi atau terkena tinta. “Makanya kita anggap sebaikan dicetak ulang karena kelihatan kertasnya kotor,” ujar Syahrani.

Syahrani mengaku belum mengetahui  berapa  sura suara yang akan dicetak ulang, karena sementara   beberapa daerah masih  melakukan sortir. “Yang jelas akan disampaikan dalam berita acara masing-masing daerah,” jelasnya.  Syahrani mengatakan, hampir sebagian besar  kabupaten/kota  selesai melakukan sortir.

“Tinggal 2 atau 3 daerah yang belum selesai sortir. Sedangkan berapa daerah yang lain sudah selesai sortir. “Kita harap daerah yang belum selesai sortir segera selesaikan, supaya kita bisa lapor ke perusahaan untuk cetak ulang surat suara yang rusak,” ujarnta. (jun)

Categories: Seputar Politik

About Author

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*